Tugas Praktikum 4 Admin Jaringan (Web Server ) di PENS(Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Kukuh Adi Prasetyo // Minggu, 01 November 2015

DASAR TEORI
            Web server merupakan  perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web, pengguna menggunakan aplikasi tertentu berupa web browser dalam melakukan permintaan. Hasil permintaan halaman – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Web dimulai Tahun 1989, Tim Berners-Lee lewat CERN (European Organization for Nuclear Research) mengajukan sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:
·         server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.
·         sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.
Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.
Pengguna, biasanya melalui aplikasi web browser, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.
saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP. Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut
Macam – macam Web Server diantanya:
·         Apache Web Server – The HTTP Web Server
·         Apache Web Server – HTTP Web Server
·         Apache Tomcat
·         Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
·         Lighttpd
·         Sun Java System Web Server
·         Xitami Web Server
·         Zeus Web Server
Secara garis besar, sistem yang ada pada web sistem bisa digambarkan sebagai berikut :

Pada sisi server, terdapat beberapa komponen sbb :
·         Web server, berguna memberikan layanan kepada web client.
·         Web application, merupakan program tambahan yang ada pada server web yang membuat tampilan web bisa dinamis. Beberapa aplikasi yang dipakai seperti perl, asp, jsp dan php. Selain itu web application juga berfungsi sebagai penghubung dan pengambil data ke database sesuai permintaan client.Pada web application dikenal istilah server side scripting dan client side scripting. Server side scripting adalah kode yang ditempat di server dijalankan oleh server, contoh dari server side misal adalah php. Sedangkan client side scripting adalah kode program yang ditempatkan di sisi client yang dijalankan oleh browser di client. Contohnya adalah javascript, applet, jscript dan vbscripts.
·         Db, merupakan database yang disiapkan sebagai tempat data jika diperlukan.
Pada sisi client terdapat aplikasi sbb :
·         Web client, merupakan browser harus bisa menterjemahkan apa yang dikirimkan dari server dan ditampilkan ke user biasanya dalam bentuk GUI.
TUGAS PENDAHULUAN
1.      Apa fungsi / kegunaan dari web server ?
-          Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer atau memindahkan berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Oleh karena dalam satu halaman web biasanya terdiri dari berbagai macam jenis berkas seperti gambar, video, teks, audio, file dan lain sebagainya, maka pemanfaatan web server berfungsi juga untuk mentransfer keseluruhan aspek pemberkasan dalam halaman tersebut, termasuk teks, gambar, video, audio, file dan sebagainya.

2.      Sebutkan paket yang dibutuhkan untuk menginstall dan menkonfigurasi web server ?

-          Apache2, php5, phpmyadmin, Mysql-server, lynx, nmap

3.      Jelaskan arti virtual host

-          cara untuk mengatur banyak website atau URL di dalam satu mesin atau satu IP.

4.      Fitur apa saja yang ditawarkan web server
-          http, Setiap program web server bekerja dengan menerima permintaan HTTP dari klien, dan memberikan respon HTTP ke klien tersebut. Respon HTTP biasanya mengandung dokumen HTML tetapi dapat juga berupa berkas raw, gambar, dan berbagai jenis dokumen lainnya. Jika terjadi kesalahan permintaan dari klien atau terjadi masalah saat melayani klien maka web server akan mengirim respon kesalahan yang dapat berupa dokumen HTML atau teks yang memberi penjelasan penyebab terjadinya kesalahan.
-          Logging, Umumnya setiap web server mempunyai kemampuan untuk melakukan pencatatan/logging terhadap informasi detil mengenai permintaan klien dan respon dari web server dan disimpan dalam berkas log, dengan adanya berkas log ini maka akan memudahkan web master untuk mendapat statistik dengan menggunakan tool log analizer.
-          Virtual hosting, yang berguna untuk melayani banyak website hanya dengan menggunakan satu alamat IP.
-          Otentifikasi, Fitur untuk mengotorisasi suatu permintaan dari klien sebelum menggunakan sumber daya yang dimiliki oleh web server (biasanya User dan Password)
-          kompresi konten, (misal menggunakan enkoding gzip) untuk mengurangi waktu respon server sehingga penggunaan pita data/Bandwith menjadi lebih hemat.
-          dukungan https, (dengan SSL, atau TSL) yang memungkinkan koneksi yang aman (dengan enkripsi) ke server pada port 433 berbeda dengan koneksi HTTP biasa di port 80

-          pengaturan bandwith, (Bandwith throttling) yang berfungsi untuk membatasi kecepatan respon dengan tujuan tidak membanjiri jaringan dan menghemat pita data (bandwith) agar dapat melayani klien lebih banyak.

PERCOBAAN
Percobaan 1 : Installasi dan konfigurasi dasar apche web server
1.      Installasi paket apche2

2.      Cek menggunakan nmap

3.      Cek web server dengan menggunakan browser, terlebih dahulu install lynx

http://localhost

Keterangan : Jika sudah tampil seperti ini maka berhasil
4.      Instalasi PHP5

5.      Lakukan testing pada php5

Keterangan : Jika tampak seperti gambardi atas maka berhasil dan ketikan http://localhost/index.php

Keterangan : Jika hasil tampak seperti gambar di atas maka berhasil
6.      Installasi mysql

Pada saat proses installasi disuruh masuk ke root ini berguna jika kita perlu mencreate database

7.      Tes service mysql menggunakan nmap


Percobaan 2 : Membangun user directory
            Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan user directory
1.      Buat link 2 file dari mod_available



2.      Cek User apakah memiliki public_html

3.      Restart apache dan buka browser dengan alamat http://localhost/~namauser

Keteragan : Jika benar maka akan tampak seperti gambar di atas.
Percobaan 3 : Virtual Host
Virtual Host adalah cara untuk mengatur banyak website atau URL di dalam satu mesin atau satu IP. Misalkan kita mempunyai banyak domain tapi hanya mempunyai server web. Cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan cara membuat beberapa virtualhost yang ada di apache.
1.      Tidak menggunakan file /etc/hosts

Ket: karena sudah pasti bisa kalo menggunakan file /etc/hosts, pada percobaan kali ini kami menggunakan dns server kami yang telah kami setting pada percobaan dns server.

2.      Salin file default yang berada di /etc/apache2/sites-available/

Ket: kami menyalin file konfigurasi default menjadi file dengan  nama kukuh.edu

3.      Inilah isi file kukuh.edu

Ket: untuk yang pertama ini, kami menginginkan www.kukuh.edu untuk menampilkan direktori /home/kukuh

Ket: untuk yang kedua ini, kami menginginkan admin.kukuh.edu untuk menampilkan direktori /home


Ket: untuk yang ketiga ini, kami menginginkan mail.kukuh.edu untuk menampilkan direktori /home/alfaraby

4.      Mengaktifkan file kukuh.edu dengan perintah a2ensite


5.      Melakukan restart apache





6.      Pembuktian yang dilakukan di browser







KESIMPULAN
Sebelum meggunakan we server kita harus menginstall beberapa paket yang dibutuhkan oleh web server, diantaranya php5 , lynx, nmap dan mysql .
Dengan menggunakan virtual host kita bisa mengatur banyak website atau URL didalam satu IP. Contohnya website domain www.kukuh.edu , admin.kukuh.edu dan streaming.kukuh.edu diatur pada satu IP yang sama yaitu 192.168.10.1. Meskipun berada pada IP yang sama setiap website tetap bisa diatur untuk tampilan atau  halaman yang berbeda. Secara umum dengan menggunakan web server kita bisa mentrasfer atau memindahkan berkas yang diinginkan.

2 komentar