Tugas 1 Teori Keamanan Data di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Kukuh Adi Prasetyo // Jumat, 06 Mei 2016

TUGAS 1 TEORI KEAMANAN DATA
SOAL
1.      Nilailah tingkat kesadaran keamanan informasi diantara anggota organisasi Anda
2.      Sebutkan langkah-langkah yang diambil oleh organisasi Anda dalam mengimplementasikan keamanan informasi. Klasifikasikan langkah-langkah tersebut ke dalam 4 metode keamanan informasi.
3.      Temukan contoh langkah keamanan informasi dalam domain administratif, fisik, dan teknis di organisasi Anda atau organisasi lain di Negara  atau wilayah Anda.


JAWABAN
1.      Menurut kami, PENS sudah sangat sadar tentang keamanan informasi yang ada. PENS sudah melindungi asset-asetnya dari ancaman-ancaman yang ada. Akan tetapi, kami pernah menemui suatu masalah ketika ingin mendownload file yang berukuran besar di mail student pens (aspek right Information). File tersebut tidak bisa didownload. Akhirnya kami menyuruh teman kami mengirimkan file tersebut lewat chat Facebook dan kami pun bisa mendownloadnya.

2.      Right Information      :
 Informasi yang diberikan oleh mis sudah benar dan tepat. Misalnya, ketika sudah melakukan transfer untuk membayar ukt saat daftar ulang ajaran baru maka ketika kita membuka mis dan masuk ke menu daftar ulang, sudah ada informasi bahwa sudah tidak ada tanggungan ukt dan kita hanya tinggal menekan tombol daftar ulang.
Right Form                 :
Pada saat kita mendownload file yang dikirimkan oleh orang lain ke mail student kita (misal: file memiliki ekstensi mp3) maka file yang kita download itu akan memiliki ekstensi mp3 juga. Contoh lainnya adalah ketika kita melakukan daftar ulang, pens sudah menyediakan format yang tepat untuk melakukan daftar ulang.
Right Time                  :
            Smartcard yang digunakan mahasiswa-mahasiswa PENS akan tidak aktif ketika mahasiswa tersebut sudah lulus dari PENS. Contoh lainnya adalah ketika kita connect ke eepiswlan dan sudah login, maka ketika sudah melewati pukul 24:00 kita diminta login lagi.
Right People              :
Email yang ada pada mail student hanya bisa diakses oleh yang memiliki akun dari email tersebut. Orang lain tidak bisa melihat email dari akun tersebut kecuali mengetahui username dan password dari akun tersebut.

3.      Administratif  :
Untuk keamanan administratif, PENS sudah menggunakan smartcard untuk memasukkan motor ke parkiran dan cara untuk mengeluarkan motor itu juga dengan menggunakan smartcard. Selain untuk parkir, smartcard juga digunakan untuk absen saat perkuliahan agar kehadiran kita tercatat.
Fisik                 :
            Untuk keamanan fisik, PENS sudah menerapkan beberapa langkah keamanan, seperti memasang CCTV, menyediakan tabung pemadam api untuk berjaga-jaga jika terjadi kebakaran, memasang portal untuk masuk dan keluar di parkiran.
Teknis             :
            PENS telah bekerja sama dengan Microsoft sehingga mahasiswa PENS memiliki akun msdnaa. PENS sudah menerapkan keamanan untuk berjaga-jaga ketika mahasiswanya lupa password. Mahasiswa akan diminta untuk memasukkan mail studentnya dan akan dikirimkan pemberitahuan pengubahan password ke mail student yang dimiliki mahasiswa itu. Lalu mahasiswa itu bisa mengubah passwordnya dan masuk ke msdnaa.

0 comments